Apa tujuan kuliah ? | Tujuan Kuliah dan Keuntungan Kuliah

Tujuan Kuliah dan Keuntungan Kuliah

Ensiklopedia Virtual

Photo by Vasily Koloda on Unsplash


Apa tujuan kuliah ?

Jika tujuan anda adalah bercita-cita ingin bekerja di sebuah perusahaan atau ingin menjadi ASN mungkin anda harus mempertimbangkan untuk mengambil jenjang kuliah. Namun jika anda memilih untuk menekuni wirausaha atau berbisnis, anda tidak harus mempertimbangkan kuliah.

Suka tidak suka, kita tinggal di negara yang sebagian besar perusahan menentukan besaran gaji berdasarkan ijazah terakhir. Semakin tinggi tingkat ijazah kita, maka kemungkinan besaran gaji yang di peroleh pun semakin tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan juga ada beberapa perusahaan yang menentukan besaran gaji dari hasil pekerjaan dan bukan dari tingkat ijazah terakhir.

Tujuan kuliah menurut ahli dapat beragam tergantung pada konteks dan perspektif. Berikut adalah beberapa pandangan dari para ahli:

  1. Menurut John Dewey, tujuan kuliah adalah mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta membentuk karakter dan moral yang baik.
  2. Menurut Robert Hutchins, tujuan kuliah adalah mempersiapkan mahasiswa untuk hidup sebagai warga negara yang bertanggung jawab, serta memberikan pendidikan intelektual yang bermanfaat dan bermakna.
  3. Menurut Thomas Aquinas, tujuan kuliah adalah membantu mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang dunia yang dapat digunakan untuk kepentingan pribadi dan sosial, serta membantu mereka mencapai kebahagiaan dan tujuan hidup yang sejati.

Keuntungan kuliah

Apa keuntungan yang akan kita dapatkan ketika kita mengambil kuliah ? Ada beberapa keuntungan dari kuliah, di antaranya:

  1. Peningkatan Karir: Dengan kuliah, kamu bisa memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses di karir yang kamu inginkan. Pendidikan tinggi juga bisa membuka pintu kesempatan kerja yang lebih baik dan memperoleh gaji yang lebih tinggi.
  2. Pengembangan Keterampilan: Kuliah memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan seperti berbicara di depan umum, menulis, dan memimpin. Kemampuan ini sangat penting dalam karir, serta dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Pengalaman Sosial: Kuliah memberi kesempatan untuk bertemu orang baru dan memperluas lingkaran sosial. Kamu bisa berinteraksi dengan mahasiswa dan dosen dari berbagai latar belakang, serta terlibat dalam organisasi kampus dan kegiatan sosial.
  4. Pengembangan Pemikiran Kritis: Dalam kuliah, kamu diajarkan untuk berpikir kritis dan menganalisis informasi dengan bijak. Ini bisa membantu kamu memahami kompleksitas dunia, serta membantu mengembangkan kemampuan problem-solving dan pengambilan keputusan.
  5. Pengembangan Jaringan: Kuliah memberi kesempatan untuk membangun jaringan yang bisa bermanfaat di masa depan. Kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang bisa membantu membuka pintu kesempatan karir, memberi saran, atau bahkan menjadi mitra bisnis.
  6. Pengalaman Hidup: Kuliah memberi pengalaman hidup yang tak terlupakan. Selain mendapatkan pendidikan, kamu bisa belajar tentang dirimu sendiri, mengeksplorasi kepentingan baru, dan mendapatkan pengalaman yang tak akan pernah kamu dapatkan di tempat lain.