Apa Yang Dimaksud Dengan Camshaft ? Apa Fungsi Dari Camshaft ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Camshaft ? Apa Fungsi Dari Camshaft ? 

Ensiklopedia Virtual


Apa Yang Dimaksud Dengan Camshaft ?

Camshaft, atau poros nok dalam bahasa Indonesia, adalah sebuah komponen dalam mesin yang berfungsi untuk mengendalikan pembukaan dan penutupan valve. Camshaft terhubung dengan crankshaft (poros engkol) melalui sabuk penggerak atau rantai penggerak, dan berputar seiring dengan putaran mesin.

Pada camshaft terdapat serangkaian nok atau kemuncak yang memiliki profil khusus. Saat camshaft berputar, nok-nok tersebut akan menyentuh pengikut (follower) yang terhubung dengan valve. Hal ini akan menggerakkan valve untuk membuka dan menutup pada waktu yang tepat sesuai dengan siklus kerja mesin.

Apa Fungsi Dari Camshaft ? 

Fungsi dari camshaft, atau poros nok, dalam sebuah mesin adalah mengendalikan pembukaan dan penutupan valve pada silinder mesin. Camshaft berperan penting dalam mengatur aliran masuk dan keluar bahan bakar serta udara dalam ruang bakar mesin, sehingga mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari camshaft:

  1. Mengatur waktu pembukaan dan penutupan valve: Camshaft memastikan bahwa valve terbuka dan tertutup pada waktu yang tepat sesuai dengan siklus kerja mesin. Hal ini memungkinkan masuknya campuran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar saat diperlukan dan pembuangan gas buang saat diperlukan pula.
  2. Mengatur durasi dan lift valve: Profil nok pada camshaft dirancang untuk mengatur durasi (lama pembukaan valve) dan lift (tinggi bukaan valve). Hal ini mempengaruhi jumlah bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar serta kemampuan mesin untuk mengeluarkan gas buang. Durasi dan lift yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja mesin.
  3. Sinkronisasi dengan crankshaft: Camshaft terhubung dengan crankshaft melalui sabuk penggerak atau rantai penggerak. Keduanya harus bekerja secara sinkron agar pembukaan dan penutupan valve terjadi pada saat yang tepat dalam putaran mesin.
  4. Memberikan pergerakan yang halus: Camshaft memiliki journal yang disupport oleh bearing. Ini memungkinkan camshaft berputar dengan halus dan mengurangi gesekan yang berlebihan, sehingga memperpanjang masa pakai komponen dan mengurangi keausan.