Apa Yang Dimaksud Dengan Intranet ? Apa Bedanya Intranet Dengan Ekstranet ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Intranet ? Apa Bedanya Intranet Dengan Ekstranet ?

Ensiklopedia Virtual

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Apa itu Intranet ?

Intranet adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet untuk menghubungkan komputer dan perangkat dalam suatu organisasi atau perusahaan tertentu. Intranet dirancang untuk digunakan oleh anggota organisasi atau karyawan yang memiliki akses terbatas ke jaringan tersebut.

Intranet digunakan untuk berbagi informasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi di antara anggota organisasi. Dalam intranet, pengguna dapat mengakses dokumen, berita internal, jadwal, direktori karyawan, aplikasi internal, dan sumber daya lainnya. Dengan menggunakan teknologi web, intranet menyediakan antarmuka yang mudah digunakan seperti halaman web internal yang dapat diakses melalui browser web.

Keamanan juga menjadi aspek penting dalam intranet, karena akses terhadap informasi dan sumber daya internal perlu diatur dan dibatasi hanya kepada pengguna yang memiliki izin akses. Dengan pengaturan izin dan kebijakan keamanan yang tepat, intranet dapat melindungi data dan informasi sensitif dari akses yang tidak sah.

Apa perbedaan Intranet dan Ekstranet ?

Perbedaan antara Intranet dan Ekstranet terletak pada aksesibilitas, pengguna, dan tingkat keamanan. Berikut adalah penjelasan singkat perbedaan antara keduanya:

1. Intranet:

  • Aksesibilitas: Intranet adalah jaringan internal yang hanya dapat diakses oleh pengguna internal atau anggota organisasi yang terhubung ke jaringan tersebut. Akses intranet biasanya terbatas melalui koneksi jaringan internal.
  • Pengguna: Intranet digunakan oleh anggota organisasi, seperti karyawan, pegawai, atau anggota tim kerja yang bekerja di dalam organisasi yang sama.
  • Fungsionalitas: Intranet digunakan untuk berbagi informasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi di antara anggota organisasi. Dapat berisi berbagai sumber daya seperti dokumen, berita internal, jadwal, direktori karyawan, dan aplikasi internal.
  • Keamanan: Keamanan intranet cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan ekstranet karena akses terbatas hanya kepada pengguna internal yang telah memiliki izin akses.

2. Ekstranet:

  • Aksesibilitas: Ekstranet adalah perluasan dari intranet yang memungkinkan akses terbatas oleh pengguna eksternal yang berhubungan dengan organisasi, seperti mitra bisnis, pemasok, atau pelanggan. Akses ekstranet biasanya dilakukan melalui koneksi jaringan yang terlindungi.
  • Pengguna: Ekstranet digunakan oleh pengguna eksternal yang memiliki hubungan bisnis dengan organisasi, seperti pemasok yang mengakses sistem pemesanan atau pelanggan yang mengakses portal layanan pelanggan.
  • Fungsionalitas: Ekstranet digunakan untuk berbagi informasi dan berkolaborasi dengan pihak eksternal terkait bisnis, seperti berbagi data, berkas, atau komunikasi tentang pesanan, inventaris, atau layanan.
  • Keamanan: Keamanan ekstranet perlu diperhatikan dengan lebih serius karena melibatkan akses dari pihak eksternal. Perlu ada lapisan keamanan seperti otentikasi pengguna, enkripsi, dan izin akses yang diberikan kepada pengguna eksternal.