Apa Yang Dimaksud Dengan Katup (Valve) ? dan Apa Fungsi dari Katup (Valve) ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Katup (Valve) dan Apa Fungsi dari Katup (Valve) ?

Ensiklopedia Virtual


Apa Yang Dimaksud Dengan Katup (Valve) ?

Valve dalam mesin memiliki peran penting dalam mengatur aliran bahan bakar dan udara serta gas buang, sehingga mempengaruhi kinerja mesin seperti tenaga, efisiensi, dan emisi.

Valve dalam sebuah mesin adalah pada komponen yang berfungsi mengatur aliran masuk dan keluar bahan bakar dan udara dalam ruang bakar mesin. Valve ini terdiri dari dua jenis yaitu intake valve (katup masuk) dan exhaust valve (katup buang).

Valve dioperasikan oleh mekanisme yang biasanya dikendalikan oleh camshaft (poros nok). Ketika camshaft berputar, lobe (tonjolan) pada camshaft akan mendorong valve untuk membuka atau menutup. Timing dan durasi pembukaan serta penutupan valve ini dikendalikan oleh profil lobe pada camshaft dan dikonfigurasi sesuai dengan desain dan kebutuhan mesin.

Apa Fungsi dari Katup (Valve) ?

Fungsi utama dari valve dalam sebuah mesin adalah mengatur aliran masuk dan keluar bahan bakar dan udara serta gas buang dalam ruang bakar. Beberapa fungsi penting valve dalam mesin antara lain:

  1. Mengatur masuknya campuran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar pada langkah pengisian (intake) untuk proses pembakaran.
  2. Mengatur keluarnya gas buang dari ruang bakar pada langkah pembuangan (exhaust) setelah terjadinya proses pembakaran.
  3. Menjaga kekencangan (seal) pada ruang bakar saat langkah kompresi dan pembakaran untuk mencegah kebocoran gas.
  4. Membantu menciptakan turbulensi yang diinginkan dalam ruang bakar untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.
  5. Mengontrol aliran gas dan tekanan dalam sistem mesin untuk menjaga kinerja yang optimal.