Apa itu Mouse ? | Penjelasan, Cara Kerja, Jenis-Jenis Mouse

Mouse

Penjelasan, Cara Kerja, Jenis-Jenis dan Produsen Mouse
Ensiklopedia Virtual

Photo by Antonio Manaligod on Unsplash


Apa itu Mouse beserta fungsinya ?

Mouse adalah sebuah perangkat keras komputer yang digunakan sebagai pengganti penunjuk pada layar atau sebagai alat pengontrol posisi kursor pada layar. Berfungsi sebagai alat penunjuk (pointer) pada layar monitor. Mouse digunakan untuk mengontrol gerakan pointer pada layar, sehingga memudahkan pengguna untuk memilih dan mengklik menu atau ikon pada tampilan yang ditampilkan di layar. Pada umumnya, mouse dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri serta roda gulir pada bagian tengahnya untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer.

Cara kerja Mouse ?

Cara kerja mouse adalah dengan menggerakkan perangkat tersebut di atas permukaan datar yang rata seperti meja atau mousepad. Di bawah mouse terdapat bola karet atau sensor optik yang akan merespons gerakan mouse tersebut dan mengubahnya menjadi gerakan kursor pada layar. Saat bola karet di dalam mouse digerakkan, maka akan memutar dua poros roda yang membaca gerakan pada sumbu X dan Y. Sedangkan pada mouse dengan sensor optik, gerakan kursor dihasilkan dengan menggunakan cahaya dan sensor CMOS atau CCD.

Selain itu, mouse juga memiliki tombol yang berfungsi untuk mengklik atau menekan suatu objek pada layar, baik itu file, gambar, atau tombol di aplikasi yang digunakan. Beberapa mouse juga memiliki fitur tambahan seperti scroll wheel yang berfungsi untuk menggulirkan layar ke atas atau ke bawah, serta tombol-tombol shortcut untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer.

Jenis-jenis Mouse

Berikut adalah beberapa jenis mouse yang umum digunakan:

  1. Mouse optik: mouse jenis ini menggunakan sensor optik untuk membaca gerakan dan posisi mouse. Sensor optik ini menggantikan bola yang digunakan pada mouse mekanik.
  2. Mouse laser: mouse jenis ini menggunakan sensor laser untuk membaca gerakan dan posisi mouse. Sensor laser ini lebih akurat daripada sensor optik.
  3. Mouse trackball: mouse jenis ini memiliki bola di bagian atas yang dapat diputar untuk menggerakkan kursor. Dalam hal ini, mouse tetap diam di meja dan bola yang digerakkan.
  4. Mouse touchpad: biasanya ditemukan pada laptop, mouse touchpad menggunakan sensor sentuh untuk membaca gerakan jari pengguna. Jari pengguna digerakkan pada permukaan yang sensitif dan kursor bergerak sesuai dengan gerakan tersebut.
  5. Mouse joystick: mouse jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan joystick game. Biasanya digunakan untuk permainan video.
  6. Mouse Bluetooth: mouse jenis ini dapat dihubungkan ke komputer melalui teknologi Bluetooth.
  7. Mouse nirkabel: mouse jenis ini menggunakan frekuensi radio atau inframerah untuk berkomunikasi dengan komputer, sehingga tidak perlu kabel.
  8. Mouse gaming: mouse jenis ini dirancang khusus untuk permainan video dan memiliki fitur tambahan seperti tombol tambahan dan kecepatan respon yang tinggi.

Merek/Produsen populer Mouse

Beberapa produsen populer mouse antara lain:

  1. Logitech
  2. Microsoft
  3. Razer
  4. SteelSeries
  5. Corsair
  6. HP
  7. Dell
  8. ASUS
  9. Apple
  10. Lenovo